MY MUSIC

Friday 21 March 2014

32 bit VS 64 bit

    
         Selamat siang teman pada kesempatan hari ini , kami rilis pertama tentang konten " VERSUS " , oke langsung aja kita coba kupas tentan 32 bit vs 64 bit ,


         istilah 32-bit dan 64-bit mengacu pada cara komputer prosesor (juga disebut CPU), menangani informasi. 64-bit versi Windows menangani sejumlah besar random access memory (RAM) lebih efektif daripada sistem 32-bit. Pada dasarnya sistem operasi 64 bit jauh lebih unggul dibanding dengan sistem 32 bit. Jadi, secara sederhana perbedaannya terletak pada jumlah informasi yang mampu ditangani oleh prosesor PC pada saat tertentu.

         Sedangkan kata “bit” mengacu pada cara komputer menangani informasi dalam kode binary, dimana seluruh data dikenali sebagai serangkaian angka digit yang terdiri dari 1 atau 0. Masing-masing digit dihitung sebagai satu bit, yang artinya prosesor 32-bit dapat memproses 32 digit sekaligus


            pada uji coba di samping system 64 bit itu lebih cepat dalam memproses suatu data dibandingkan dengan system 32 bit. Bahkan dalam menangani memory RAM pun 32 bit hanya mampu 4Gb tapi pada komputer kadang terbaca hanya 3,25Gb saja sedangkan untuk system 64 bit bisa lebih dari 4Gb.
Untuk saat ini lebih banyak software atau perangkat lunak yang support system 32 bit sedangkan untuk 64 bit masih jarang, tetapi banyak pula software 32 bit bisa di install di 64 bit, kecuali software driver dan anti virus harus sesuai dengan versi OS yang diinstal di komputer atau laptop sobat.
Setelah mengetahui Kelebihan, Kekurangan, Perbedaan System 32 bit dan 64 Bit sobat bisa menentukan ingin menggunakan system 32 Bit atau 64 Bit dengan catatan hardware atau perangkat keras sobat sudah support 64 Bit.
Untuk OS Linux pun ketika kita download file masternya ada pilihan 32 bit atau 64 bit systemnya.

Apa kesimpulannya?

        Jika komputer anda hanya memiliki RAM 4 GB atau kurang, lebih baik memakai OS 32-bit, terutama notebook yang rata-rata hanya memiliki 2 slot memory yang 1 slotnya hanya terisi maksimal 2 GB saja, untuk driver biasanya perusahaan notebook hanya menyediakan driver 32-bit saja.

Jika komputer anda memiliki RAM di atas 4 GB, silakan memakai OS 64-bit, dengan catatan anda tidak dapat menggunakan beberapa hardware lama yang drivernya tidak tersedia oleh produsennya. OS 64-bit hanya berguna untuk bekerja berat, seperti merender 3Ds Max, pokoknya yang berat-berat



0 komentar:

Post a Comment